Ini Info Bagus

Berita Kesehatan Terlengkap
7 Sayuran Olahan untuk Mencegah Racun Karena Polusi

7 Sayuran Olahan untuk Mencegah Racun Karena Polusi

Polusi udara Jakarta telah menjadi topik hangat sejak Selasa lalu (25/6). Bukan tanpa alasan, ibu kota Indonesia memegang status kota polusi terburuk di dunia.
Menurut data dari situs penyedia peta polusi, nilai indeks kualitas udara (AQI) mencapai 240, yang berarti sudah sangat tidak sehat. Meskipun rentang nilai 201-300 AQI dapat memengaruhi kesehatan.

Pemilihan menu makanan yang tepat bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan di tengah polusi udara yang kental. Misalnya, sayuran kaya akan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menghilangkan racun radikal bebas.
Agar tubuh Anda tetap bugar, 7 persiapan sayuran lezat ini dapat membantu menghilangkan racun dari polusi:

7 Sayuran Olahan untuk Mencegah Racun Karena Polusi
7 Sayuran Olahan untuk Mencegah Racun Karena Polusi

1. Jus seledri

Berdasarkan penelitian dari Biologi Molekuler dan Program Kanker Paru, Lovelace Respiratory Research Institute di Amerika Serikat, ada sekitar 12 kandungan antioksidan dalam seledri yang dapat menangkal peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas.Antioksidan juga dapat memaksimalkan kerja hati yang berfungsi untuk menyaring racun dan membersihkan darah dari zat berbahaya.

Seledri, bisa diolah menjadi jus segar yang cocok untuk diminum di cuaca panas. Gunakan seledri berukuran besar dan campur dengan buah-buahan segar; seperti apel, nanas, atau jus lemon.

2. Brokoli omelet

Brokoli omelete dapat menjadi persiapan yang lezat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh di tengah aktivitas luar ruangan yang padat. Berdasarkan data dari SELF Nutrition, mengonsumsi 78 gram brokoli dewasa dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 84 persen.

Vitamin C memiliki peran untuk menjaga daya tahan tubuh dari paparan radikal bebas akibat polusi dan sengatan matahari. Vitamin C, juga dapat memaksimalkan produksi kolagen sehingga kulit tetap sehat dan terhindar dari polusi.

3. kubis brussel panggang

Sayuran kecil seperti kol ini cocok disajikan sebagai menu makan sehat yang lezat. Kecambah brussel juga cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya dipanggang dengan campuran minyak zaitun dan rempah-rempah.

Dari data USDA (Departemen Pertanian AS), 100 gram kecambah brussels dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 81 persen. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk menghilangkan racun dan mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang rusak. Asupan antioksidan yang cukup juga dapat meningkatkan kesehatan hati.

4. Sup rumput laut ala Korea

Sup rumput laut ala Korea ini enak dinikmati saat cuaca dingin. Tidak hanya itu, bahan utama dari sup ini adalah sumber antioksidan seperti polifenol dan fucoxanthin. Kandungan nutrisi dalam rumput laut dapat menyaring racun di ginjal. Rumput laut juga memiliki efek diuretik untuk membantu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh

5. sup asparagus

Sup asparagus juga bisa menjadi pilihan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah polusi yang tinggi. The Quercetin Journal, Inflammation and Immunity yang diterbitkan di US National Library of Medicine pada 2016 menyatakan bahwa antioksidan seperti vitamin C, E, flavonoid dan polifenol bermanfaat sebagai zat antiinflamasi dan antikanker. Konten ini dapat meningkatkan kekebalan sekaligus menstabilkan tekanan darah.

6. Smoothie bayam

Tidak hanya seledri, bayam juga cocok untuk diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Kadar airnya cukup tinggi, juga cocok dipadukan dengan berbagai buah-buahan seperti nanas atau pisang.

Tidak hanya itu, menurut jurnal PubMed 2010, makan bayam dapat meningkatkan enzim yang berguna untuk mencegah kerusakan hati. Sayuran hijau ini juga kaya akan antioksidan seperti quercetin yang berfungsi mencegah peradangan dan infeksi.

7. Salad bit

Salad bisa menjadi paket makanan lengkap untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Jika Anda ingin meningkatkan kekebalan, salad dengan bit tambahan bisa menjadi pilihan.

Umbi merah tebal ini memiliki; Kandungan vitamin E, karoten, asam fenolat, dan betalains yang dapat mempercepat regenerasi sel di hati. Bit juga dikenal sebagai umbi pembersih darah karena dapat menghasilkan asam nitrat untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

Leave a Reply