Ini Info Bagus

Berita Kesehatan Terlengkap
7 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

7 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

Kata siapa yang sehat itu mahal? Konsumsi buah-buahan yang kaya manfaat juga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.
Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah kiwi. Di balik penampilannya yang hijau dan menyegarkan, biji kecil ini mengandung vitamin C, vitamin E, serat, dan beberapa mineral bermanfaat.

7 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

Apakah Anda ingin tahu tentang apa yang bisa Anda dapatkan jika Anda rutin makan kiwi? Berikut ini delapan manfaat kesehatan kiwi:

1. Meningkatkan pencernaan

Proses pencernaan yang tidak lancar dapat membawa masalah kesehatan seperti sembelit, diare, dan peradangan. Nah, makan kiwi bisa menjadi salah satu cara untuk membantu memaksimalkan proses pencernaan.
Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung hingga 2,1 gram serat yang membuat buang air besar lebih teratur. Sebuah studi 2010 dari Massey University, Selandia Baru, juga menyatakan bahwa kiwi mengandung enzim yang disebut actinidin yang berfungsi untuk mempercepat pemecahan protein sehingga tubuh lebih mudah diserap.

2. Meningkatkan kekebalan

Apakah anda tahu Makan satu mangkuk kiwi sudah cukup untuk memenuhi lebih dari 200 persen kebutuhan vitamin C harian. Nah, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari sebuah jurnal yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada pada tahun 2013, kandungan vitamin yang tinggi ini bahkan dapat menjadi penangkal virus flu. Terutama untuk anak-anak dan orang tua di atas usia 65 tahun.

3. Mengatur kadar gula dara

Ingin makan hidangan manis tanpa khawatir tentang kenaikan gula darah? Kiwi bisa menjadi solusinya.

Sebab, gula darah tidak akan naik dengan cepat ketika mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Nah, kiwi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, yaitu hanya sekitar 48,5 sehingga tidak akan mempengaruhi peningkatan glukosa dalam darah.

Makan buah-buahan yang rendah dalam indeks glikemik seperti kiwi juga cukup aman bagi penderita diabetes.

4. Mata sehat

Selain wortel, ternyata kiwi juga dikenal karena matanya yang sehat. Jurnal yang diterbitkan dalam JAMA Ophthalmology yang diterbitkan pada tahun 2004 mengungkapkan bahwa makan tiga buah kiwi setiap hari dapat mengurangi risiko degenerasi makula sebesar 36 persen.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang sering menyerang pasien berusia 60 tahun ke atas.

5. Kencangkan kulit

Tingginya kandungan vitamin C dalam kiwi juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Kandungan vitamin E dalam kiwi juga bisa menjadi anti penuaan yang akan memperlambat kerusakan sel.

Kombinasi antioksidan dalam vitamin C dan E dalam kiwi ini akan menjaga kulit tetap kenyal, lembut dan lembab meskipun sering terpapar udara bebas.

6. Meredakan insomnia

Makan kiwi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyaman Menurut sebuah jurnal dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, kiwi dapat mengurangi risiko mengembangkan insomnia untuk orang dewasa.

Konsumsi kiwi secara teratur akan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Hormon ini dipercaya memberi perasaan tenang dan nyaman, dan bahkan mencegah depresi.

7. Membantu menurunkan berat badan

Sebagian besar buah-buahan, termasuk kiwi, memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Kandungan kalori dan indeks glikemik juga cukup rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah cocok untuk dikonsumsi ketika sedang diet karena mereka memiliki manfaat mempercepat proses pembakaran lemak.

Leave a Reply