Ini Info Bagus

Berita Kesehatan Terlengkap
7 Makanan Baik untuk Kesehatan Paru

7 Makanan Baik untuk Kesehatan Paru

Hari ini, Jakarta menempati peringkat kota tercemar terburuk di dunia. Menurut data dari situs penyedia peta polusi online kota-kota besar di dunia – AirVisual – pada Selasa (25/6) pagi, nilai indeks kualitas udara Jakarta (AQI) adalah 240.

Mengutip dari Kumparan SAIN, nilai 240 menunjukkan bahwa kondisi udara di ibu kota sangat tidak sehat. Kondisi udara yang buruk ini bahkan dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Untuk mencegah dampak buruk dari polusi, penggunaan masker saat melakukan kegiatan di luar rumah sangat dianjurkan. Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa membersihkan paru-paru dari zat beracun yang disebabkan oleh polusi.

7 Makanan Baik untuk Kesehatan Paru

Apa pun? Berikut ini adalah kumpulan yang merangkum 7 makanan dan minuman yang dapat menyehatkan paru-paru, termasuk:

1. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Komponen ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya yang disebabkan oleh polusi dan asap.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki paru-paru yang lebih sehat dan berfungsi optimal.

2. Brokol

Sayuran hijau ini adalah salah satu makanan yang disarankan oleh para ahli kesehatan dan ahli gizi karena kemampuannya untuk melawan efek buruk dari polusi. Brokoli mengandung sulforafana yang berfungsi sebagai anti-karsinogen.
Komponen-komponen ini membantu mengurangi kadar kelebihan karsinogen melalui sistem pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Brokoli juga kaya akan beta karoten dan antioksidan.

3. Bayam

Mengandung beta karoten, lutein, dan klorofil yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Dr. Rupali Datta, nutrisi dari Delhi, klorofil dalam bayam mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai antikanker, terutama untuk paru-paru.

Tidak hanya itu, kadar magnesium yang tinggi dalam bayam juga dapat membersihkan dan menenangkan paru-paru yang tegang karena menghirup kabut. Selain itu, bayam dapat membantu mengartikulasikan udara di paru-paru.

4. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang bertindak sebagai komponen anti-inflamasi. Curcumin dapat melindungi paru-paru dari efek racun dari polusi. Selain itu, kunyit juga bisa mengeluarkan racun di hati dan menjaganya tetap sehat.

5. Jahe

Selain berfungsi sebagai antiinflamasi, jahe juga dapat membantu membersihkan racun dan polutan di paru-paru. Jahe membantu meringankan hidung tersumbat, meluncurkan saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru. Dengan demikian, kesehatan paru akan terjaga.

6. Bawang putih

Kaya manfaatnya, bumbu dapur berikut ini juga bisa membantu menyehatkan paru-paru, lho. Kandungan flavonoid dalam bawang putih akan merangsang produksi glutathione. Komponen glutathione akan meningkatkan eliminasi racun dan karsinogen, sehingga membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

7. Biji rami

Biji rami mengandung asam lemak omega-3 yang dapat melindungi sistem kardiovaskular. Omega-3 dalam biji-bijian ini juga dapat mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh kabut. Selain itu, ada juga kandungan fitoestrogen yang kaya akan antioksidan.

Fungsi antioksidan termasuk mengurangi gejala asma dan reaksi alergi di paru-paru. Tambahkan biji rami ke salad, smoothie atau cukup panggang sebagai camilan sehat.

Leave a Reply