Ini Info Bagus

Berita Kesehatan Terlengkap
7 Hal Tak Terduga Yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

7 Hal Tak Terduga Yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai penyakit orang lanjut usia atau orang gemuk. Bahkan, orang muda dan orang kurus juga bisa memiliki kadar kolesterol di atas batas normal. Bagaimana bisa? Nah, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang menyebabkan kolesterol naik untuk mengetahui seberapa besar risiko Anda, serta menghindari risiko komplikasi di masa depan.

Apa akibatnya jika kolesterol naik?
Kolesterol memiliki banyak peran penting untuk mempertahankan berbagai fungsi tubuh. Namun, levelnya masih harus dijaga keseimbangannya. Tak kalah, apalagi berlebihan.

7 Hal Tak Terduga Yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Saat kolesterol naik, lemak bisa menumpuk dan mengendap di pembuluh darah yang akhirnya menyumbat aliran darah. Penyumbatan pembuluh darah selama bertahun-tahun dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Tidak hanya itu. Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan aliran darah ke otak terganggu hingga memicu stroke.

1. Usia

Penyebab kolesterol tinggi yang tak terelakkan adalah usia. Semakin tua usia kita, semakin buruk pula kadar kolesterol. Ini dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun.

Jadi, tidak mengherankan bahwa kebanyakan orang lanjut usia memiliki kolesterol LDL yang lebih tinggi daripada orang muda. Umumnya, level LDL akan mulai meningkat setelah Anda menginjak usia 20 tahun.

2. Makanan sehari-hari

Makanan di restoran cepat saji yang sering kita beli saat diperas bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Iya nih! Baik camilan cepat saji dan junk food seperti keripik kentang kemasan umumnya tinggi kalori, garam, gula, lemak jenuh, dan lemak trans. Agar kadar kolesterol tidak naik terus-menerus, cobalah untuk melawan keinginan untuk mengonsumsi makanan ini.

3. Gerakan malas

Berapa lama Anda habiskan berbaring atau duduk santai untuk sekadar memeriksa ponsel, menonton TV, atau bermain game?

Awas! Kebiasaan malas bergerak atau aktivitas fisik minimal adalah alasan Anda memiliki peluang tinggi untuk mengalami kolesterol tinggi. Apalagi jika Anda juga tidak memperhatikan makanan yang Anda makan setiap hari. Sebab, tumpukan lemak akan dibiarkan terus mengendap di dalam pembuluh dan tidak dibakar saat berolahraga.

4. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena meningkatnya kolesterol. Kelebihan berat badan bisa disebabkan oleh banyak hal, dari pola makan yang buruk hingga olahraga malas.

Mulai sekarang, cobalah untuk mempertahankan berat badan ideal sehingga kadar kolesterol baik dan buruk dalam tubuh stabil. Dengan begitu, risiko Anda mengalami berbagai penyakit kronis di masa depan juga lebih rendah.

5. Merokok dan alkohol

Asap dan racun dalam rokok bisa menjadi penyebab kolesterol jahat melonjak melampaui batas wajar.

Perokok aktif dan pasif berisiko tinggi mengalami penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Selain merokok, Anda juga harus berhenti minum alkohol. Jika dikonsumsi berlebihan, bahkan minuman keras dapat menyebabkan kolesterol LDL dan trigliserida Anda meningkat tajam.

6. Penyakit tertentu

Penyebab lain kolesterol tinggi adalah riwayat penyakit Anda. Beberapa dari mereka seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit hati dan ginjal
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Gangguan pada kelenjar tiroid
  • Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dan mengurangi kolesterol baik.
  • Beberapa obat ini termasuk progestin, steroid anabolik, dan kortikosteroid.

7. Sejarah genetik

Merasa tidak melakukan hal-hal di atas, tetapi kolesterol tetap tinggi? Bisa jadi penyebab kolesterol tinggi Anda adalah warisan genetik dari orang tua, atau nenek dan kakek. Dalam istilah medis, kolesterol tinggi yang disebabkan oleh genetika disebut keluarga hiperkolesterolemia (FH).

Leave a Reply