Ini Info Bagus

Berita Kesehatan Terlengkap
5 Makanan Lezat Yang Lebih Baik Untuk Anda Makan Saat Peradangan

5 Makanan Lezat Yang Lebih Baik Untuk Anda Makan Saat Peradangan

Musim hujan biasanya membawa berbagai penyakit, seperti demam, batuk dan flu dapat menyerang karena cuaca dingin atau hujan saat di jalan. Jika seperti ini, tubuh tidak terasa benar, bukan? Melakukan kegiatan seperti belajar atau bekerja terasa tidak nyaman dan bahkan kita cenderung ngambek.

5 Makanan Lezat Yang Lebih Baik Untuk Anda Makan Saat Peradangan

Biasanya saat radang makanan seperti gorengan, es krim dan makanan pedas sering dihindari karena diyakini membuat tenggorokan lebih gatal. Namun, benarkah makanan ini perlu dihindari? Meluncurkan Cosmopolitan, es krim benar-benar masuk ke salah satu makanan lezat yang sebenarnya direkomendasikan untuk dikonsumsi selama peradangan, Anda tahu. Lalu, makanan lezat apa lagi yang bisa Anda makan saat Anda meradang? Lihatlah ulasan berikut:

1. Es krim

Seperti yang telah disebutkan, es krim tampaknya menjadi salah satu pilihan terbaik saat makan peradangan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition, mengonsumsi susu atau produk olahan saat peradangan tidak menyebabkan peningkatan produksi lendir atau terjadinya asma. Selain itu, es krim juga sering menjadi ‘obat’ untuk pasien setelah tonsilektomi karena teksturnya yang lembut dan dingin yang bisa menghilangkan rasa sakit.

Namun, bagi Anda yang alergi terhadap produk susu, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya walaupun es krimnya manis dan lembut.

2. Sayang

Makanan manis lain yang dapat dikonsumsi selama peradangan adalah madu. Madu lembut dan sah tampaknya menyimpan sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan infeksi dan mengurangi rasa sakit di tenggorokan yang disebabkan oleh peradangan. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi madu dengan mencampurkannya dengan jahe, lemon, dan air panas.

3. Sup ayam

Siapa yang tidak suka sup ayam? Cicipi kaldu gurih dengan ayam isi dan sayuran yang penuh nutrisi memang enak. Sup ayam juga mungkin, Anda tahu, itu adalah pilihan makanan yang membantu meredakan peradangan. Seperti dikutip oleh American Journal of Therapeutics, senyawa karnosin yang ditemukan dalam sup ayam – dalam hal ini daging dada ayam – dapat membantu memblokir virus flu agar tidak bertambah parah. Selain itu, sup ayam, yang biasanya disajikan hangat, juga membantu memberikan kenyamanan di tenggorokan dan hidung.
Selain bahan daging dada ayam, sup juga biasanya dibuat dari campuran rempah-rempah seperti bawang putih. Rempah-rempah dengan bau yang kuat juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, sebagai antivirus, dan antibakteri.

4. Telur orak

Telur adalah sumber protein yang baik. Ketika diacak (scrambled), biasanya tekstur telur cukup lunak untuk ditoleransi oleh tenggorokan yang meradang, mengutip Medical News Today. Selain itu, telur juga mengandung omega-3, choline dan lutein yang juga dapat digunakan untuk mengembalikan nutrisi dalam tubuh agar menjadi lebih baik lagi.

5. Jus delima

Buah ini, juga dikenal sebagai delima, memiliki rasa yang segar, asam dan sedikit manis. Menurut sebuah studi yang dirilis oleh NIH (Centee Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif) di Amerika Serikat, ditemukan bahwa jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan. Buah yang kaya antioksidan juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Leave a Reply