Ini Info Bagus

Berita Kesehatan Terlengkap
5 Makanan Bagus untuk Makan Setelah Operasi

5 Makanan Bagus untuk Makan Setelah Operasi

Setelah operasi biasanya ada beberapa pantangan, salah satunya terkait dengan makanan. Ya, mengkonsumsi makanan yang tepat setelah operasi dapat mempercepat proses penyembuhan. Selain mampu mengurangi pembengkakan, memar dan peradangan, makanan tertentu juga dapat membantu memulihkan lebih baik dan lebih cepat.

Makanan apa, yang harus dikonsumsi setelah operasi? Berikut ini adalah daftarnya.

5 Makanan Bagus untuk Makan Setelah Operasi

1. Telur ora

Tidak, itu hanya menu andalan untuk sarapan, makanan ini juga baik untuk dikonsumsi setelah operasi, lho. Menurut Julie Upton, pakar diet yang berbasis di San Francisco, telur memiliki nutrisi yang baik untuk pemulihan.

“Telur orak-arik adalah sumber protein yang sangat baik, karena mereka menyediakan 13 nutrisi penting. Nutrisi ini membantu memulihkan penyakit atau operasi,” Upton menjelaskan kepada Eat This.

2. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang mudah ditemukan. Buah jeruk ini juga mengandung banyak nutrisi, dan kaya akan vitamin C. Bahkan satu pepaya mengandung 235 mg vitamin C, atau setara dengan 2-3 vitamin yang direkomendasikan setiap hari.

“Buah seperti pepaya, kiwi, dan blewah kaya akan vitamin C. Vitamin ini dikenal mempercepat proses penyembuhan setelah operasi,” kata Upton.

3. Madu

Semua orang tahu, madu adalah salah satu makanan super yang memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya itu, madu juga mengandung antioksidan dan antimikroba yang dapat mencegah bakteri dan virus penyakit berbahaya. Jika Anda mencari pengganti gula, madu adalah salah satu pilihan yang tepat.

“Madu memiliki sifat antimikroba yang cocok untuk melawan pilek. Makan madu alami atau madu manuka untuk mendapatkan manfaat terbaik,” saran Kristin Koskinen, ahli gizi dan ahli diet yang berbasis di Washington.

4. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk kesehatan organ, tetapi juga dapat membantu penyembuhan setelah operasi jantung.
“Omega-3 terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan jantung. Tidak hanya itu, omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi dan berperan dalam memodulasi sistem kekebalan tubuh,” kata Pascal L Langlois dari Universitas Sherbrooke, seperti dikutip dari Berita Medis Hari Ini.

5. Sup tulang

Sup tulang adalah salah satu menu yang bisa Anda makan setelah operasi. Alasannya, sup ini memasok kolagen yang dapat mendukung perbaikan dan penyembuhan jaringan. Jika sup yang Anda makan terdiri dari sayuran, vitamin dan mineral yang terkandung juga dapat mendorong penyembuhan.

Leave a Reply